Komputer dan Internet

1. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

2. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

3. Lapisan Jaringan adalah lapisan ketiga dari bawah dalam model referensi jaringan OSI. Lapisan ini bertanggung jawab untuk melakukan beberapa fungsi berikut:
Lapisan jaringan juga menyediakan layanan connectionless dan connection-oriented terhadap lapisan transport yang berada di atasnya. Lapisan jaringan juga melakukan fungsinya secara erat dengan lapisan fisik (lapisan pertama) dan lapisan data-link (lapisan kedua) dalam banyak implementasi protokol dunia nyata.
Dalam jaringan berbasis TCP/IP, alamat IP digunakan di dalam lapisan ini. Router IP juga melakukan fungsi routing-nya di dalam lapisan ini. Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_jaringan

4. Manfaat dan keunggulan Internet
 Sulit untuk membayangkan kalau hidup tanpa internet di jaman canggih seperti sekarang, Tapi yang menakjubkan adalah efek dari internet di kehidupan kita. tapi Percaya atau tidak masih ada banyak orang yang bahkan tidak memiliki PC dan terkoneksi ke internet, tetapi sekarang jumlah tersebut sudah berkurang setiap tahunnya. Ini membawa kita ke pikiran bahwa internet selain memiliki Dampak negatif tetapi juga bisa bermanfaat di era teknologi internet ini,


Ini hanya sebagian dari apa yang saya sebut "manfaat internet" kemajuan dari era teknologi internet. Produktivitas dan keuntungan pribadi yang internet telah diberikan kepada dunia sangat luar biasa. Daftar ini tidak dimaksudkan untuk menjadi komprehensif tetapi ini adalah beberapa manfaat dari internet favorit saya. Berikut ini adalah 5 manfaat dan keuntungan dari internet.



1. Alat Komunikasi

Komunikasi di bedakan menjadi 3 bagian yaitu : tatap muka, percakapan telepon, dan chatting atau mail, email adalah metode komunikasi yang sangat disukai sekarang, karena metode ini tidak langsung kebanyakan orang lebih memilih metode ini karena kita dapat memilih untuk merespons atau tidak - dan bisa menyampaikan pesan Anda tanpa harus tatap muka atau berkomunikasi secara langsung.



2. online Banking

Jika Anda belum mulai perbankan online, Anda pasti harus mempertimbangkan itu lagi, Alasan untuk melakukannya online Banking sangat banyak, seperti: Anda tidak harus terus-menerus menulis cek untuk membayar tagihan Anda, menjilat amplop, dan membeli perangko. Anda dapat dengan mudah membayar tagihan rutin dengan beberapa klik dan pembayaran akan dilakukan secara elektronik pada hari yang tepat untuk menghindari biaya terlambat.



3. Pencarian (Searching)

Suatu hari ketika anda ingin belajar lebih lanjut dan mengetahui tentang topik-topik atau berita - berita tertentu tentunya Anda akan membuka sebuah buku, ensiklopedia atau kamus, tapi tidak semua informasi dapat kita temui di buku atau kamus saja, nah dengan adanya internet kita bisa mencarinya di mesin pencari cepat yang dapat memberi kita ribuan link berdasarkan kata kunci tertentu. atau search engine seperti Google, yahoo, dll,



4. Belanja online

Anda selalu dapat menemukan secara online. jika anda tidak bisa menemukan baju merk A, sepatu merek B dan untuk kebutuhan lainnya di toko-toko lokal kenapa kita tidak mencoba untuk menemukannya secara online di website toko online yang sekarang ini telah menjamur dan mungkin sedang menjadi trend Berbelanja melalui Toko Online di jaman sekarang, kemungkinan kebutuhan yang anda inginkan bisa anda temukan secara online tanpa harus keluar rumah.



5. Memasarkan produk

Dengan popularitas internet, telah terjadi ledakan di konten online, Sebagai hasil dari ini ada keuntungan besar dalam memasarkan produk anda, dan ini merupakan kesempatan yang luar biasa di dunia online dan kita bisa Mencari tambahan penghasilan melalui Internet. Sebagai contoh Ketika kamu memasang Iklan usaha dimedia cetak. Bagaimana agar pembaca bisa lebih mengetahui lebih detail profil produk yang anda jual, sementara ruang lingkup yang terbatas dan Tentunya website sebagai sarananya. Disamping lebih efektif dan akan memudahkan penjualan, calon customer mencari tau apa yang anda tawarkan, juga usaha akan terlihat lebih profesional dan penjualan tidak hanya sebatas lokal saja. Tetapi ke seluruh Indonesia atau bahkan international.

6. LAN, MAN, WAN

- LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.


Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :


1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi

2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.



- WAN


WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.



- MAN


Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. 
7. Berikut adalah beberapa perangkat jaringan dan beserta fungsinya.
1) HUB
Hub adalah sebuah alat yang digunakan dalam jaringan LAN yang bekerja di OSI pada layer Physical. Hub berfungsi sebagai konsentrator yaitu digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer yang ada pada jaringan LAN yang menggunaan topologi star. Di sini hub tidak melakukan traffic control. Jadi jika terlalu banyak port yang ada pada hub tersebut digunakan akan mengaibatkan kinerja hub turun hal ini terjadi karena sering terjadinya collision antara ethernet. Yaitu jika informasi dikirim ke host target melalui hub maka informasi akan mengalir ke semua host.

Gambar hub: Allied Telesyn CentreCOM MR820TR (s/n I03I2294D) 
2) Repeater
Repeater merupakan sebuah device yang meregenerasi/menghasilkan kembali sinyal yang ditransmisikan pada kabel. Repeater mengijinkan sinyal untuk mengalir di luar batas keterbatasan panjang kabel. Device ini berada di layer Physical. Sebuah repeater tidak melakukan translasi atau filterisasi paket.
Gambar repeater
3) Bridge
Bridge adalah alat yang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segmen yang lebih kecil. Bridge membaca alamat MAC (media access control) dari setiap paket data yang diterima yang kemudian akan mempelajari dridging table untuk memutuskan apa yang akan dikerjakan bridge selanjutnya pada paket data tersebut, Apakah diteruskan atau diabaikan. Jika switch menpunyai domain collision sendiri-sendiri disetiap portnya, begitu juga dengan bridge memiliki domain collision tetapi ia juga dapat membaginya dari sebuah domain collision yang besar menjadi yang lebih kecil, Bridge hanya akan melewatkan paket data antar segmen – segmen jika hanya segmen itu sangat diperlukan.
Gambar bridge.
4) Switch
Switch adalah sebuah alat yang menyaring dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. Switch bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di network (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer.. Switch dapat mempelajari alamat hardware host tujuan, sehingga informasi bisa langsung dikirim ke host tujuan. Switch yang lebih cerdas dapat mengecek dan memblok frame yang error.
 
Gambar switch 4.1: Switch AT Rapier 16fi (s/n 59045145)
 
Gambar switch 4.2: Switch Cisco Catalyst 1900 Series (mac. 00036B0254C0)

5) NIC (Network Interface Card)/Ethernet Card

NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat unik yang disebut sebagai MAC address. Alamat ini digunakan untuk mengontrol komunikasi data antar host yang berada di dalam jaringan. NIC berada di layer datalink.

Gambar NIC: Micronet Ethernet Card (mac. 00E07DDD4CBF)


 6) WiFi Adapter

WiFi adapter adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi menangkap sinyal Wifi yang dipancarkan Wireless Router maupun Access Point.

Gambar WiFi Adapter : D-Link Air DWL-520 (mac. 00055D-5C08EE)

7) Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang sering digunakan untuk menggabungkan beberapa network.Baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa buah subnetwork. Setiap network seolah “terisolasi” dari  network lain sehingga traffic dapat dibagi yang bedampak positif dalam performa network.
Router juga berfungsi mengirimkan paket data jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Pada umumnya router bekerja pada layer network. Tetapi ada juga router yang bekerja pada layer transport. Router.ini memiliki fungsi tambahan sebagai firewall.

Gambar router 4.1: MikroTik RouterBOARD 1100 AHx2 (s/n 319E029A7535/211).
Gambar router 4.2: Cisco-Linksys WRT310N Wireless-N Gigabit Router (mac. 00226B47BA2B)
Gambar router 4.3: Juniper J2350 Series (mac. 28C00A79E800)



Gambar router 4.4: Cisco 2500 Series

8) Konektor RJ 45

Digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan UTP/STP dengan port yang menggunakan port RJ-45.

Gambar konektor RJ 45

9) Modem Eksternal

Perangkat ini fungsinya jelas untuk koneksi dial-up menggunakan kabel telepon.

Gambar medem eksternal: Modem External Prolink Tornado v.92 (mac. 030210001811)


 10) Komputer Server

Komputer server dalam jaringan komputer berguna untuk melayani dan mengatur semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Gambar komputer server: IBM System x3630 M3 (s/n 7377B2A-06FMGT7)

11) Rak Telekomunikasi

Tempat menempatkan perangkat jaringan dalam satu tempat sehingga bisa teratur dengan ukuran yang pas dengan ukuran perangkat jaringannya.

Gambar rak telekomunikasi

8. Internet

Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistemglobal Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.


9. Cara mengkoneksi ke Internet

Internet dengan ADSL adalah koneksi internet yang menghubungkan
komputer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah),
seperti pada koneksi dial up tapi pada frekwensi yang berbeda. Sehingga
keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu.
Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone
(DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi . Fasilitas
ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan
transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video.
RAHASIA AKSES INTERNET GRATIS
Perbedaan modem ADSL dan modem konvensional yang mudah dilihat adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download)
data. Walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur
komunikasinya, kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1.5 Mbps
sampai 9 Mbps. Perbedaan kecepatan yang mencolok diantara keduanya
akibat perbedaan penggunaan frekwensi untuk mengirim sinyal/data. Modem
konvensional menggunakan frekwensi di bawah 4 KHz, sedangkan modem ADSL
menggunakan frekwensi diatas 4 KHz. Umumnya modem ADSL menggunakan
frekwensi antara 34 KHz sampai 1104 KHz.
ADSL
berbasis DMT tampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber
masa depan. Hal ini menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk
kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL menyediakan
layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi optik
fiber.
Untuk
mendapatkan koneksi internet dengan ADSL, kita harus menghubungi
customer service dari ISP untuk pemasangan atau instalasi. Biasanya
pihak ISP akan mengirimkan petugas ke lokasi kita untuk melakukan
instalasi. Sama dengan TV kabel, untuk modem sebaiknya dibeli dari ISP (Internet Service Protokol) yang kita pilih.
Sumber: http://fajarblog.blogdetik.com/everything/cara-cara-koneksi-ke-internet/comment-page-1/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-Istilah Dalam Sungai

Artikel Tentang Perangkat Keras Komputer

VISI DAN MISI DAKWAH NABI MUHAMMAD