Quick Count Malware Top Indonesia (2)

 
Gambar 1: Statistik Malware Indonesia sampai Juni 2014.

Trojan

Menurut pantauan statistik Vaksincom, malware yang paling banyak terdeteksi sampai pertengahan tahun 2014 adalah jenis Trojan yang menguasai 24,30% serangan malware di Indonesia. 

Namun kali ini bukan satu trojan yang menyerang, tidak mau kalah dengan partai politik yang melakukan koalisi, gerombolan trojan juga melakukan koalisi menyerang pengguna komputer di Indonesia seperti trojan Crypt, Autorun, Dropper, trojan Java Script dan Agent. 

Adapun daftar lengkap 10 trojan yang paling banyak terdeteksi menyerang pengguna komputer di Indonesia adalah:
1. Trojan Dropper.VHT
2. Trojan Generic
3. Trojan Heuristic
4. Trojan Crypt
5. Trojan AutorunINF, AET
6. Trojan Dropper Sality
7. Trojan.JS.Redirector
8. Trojan.JS.Agent
9. Trojan LNK
10. Trojan Agent

Adware

Setelah Trojan yang menguasai 24,30% serangan malware, gerombolan si berat kedua yang terdeteksi menyerang pengguna komputer Indonesia adalah Adware yang menguasai infeksi malware Indonesia 23,83%
Adware sejatinya adalah program untuk menampilkan iklan dan pada awalnya tidak ditujukan untuk merugikan pengguna komputer, namun di tangan kriminal adware ini digunakan untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan oleh pengguna komputer. 

Jenis adware ini ada yang ringan seperti menampilkan iklan atau pop up yang mengganggu sampai memiliki aksi seperti virus dan trojan komputer. Beberapa jenis adware memiliki kemampuan memata-matai korbannya dan sering disebut sebagai spyware. 

Adapun beberapa Adware yang paling sering muncul adalah NewNextMe yang tergolong PUP, sejenis Mobogenie. Diikuti oleh Adware.Agent yang memiliki kemampuan rootkit dimana sekali terinstal pada komputer, ibarat cicak basah menempel di badan Anda, akarnya akan tertanam sangat dalam dan sulit sekali dibasmi. 

Adware.Agent biasanya terinstal pada saat Anda menginstal freeware yang biasanya diunduh dari Cnet, Brothersoft atau Softonic. Selain dua adware di atas, ada adware.Graftor yang cukup berbahaya karena ia merupakan turunan dari TrojanVundo. 

Trojan Vundo terkenal sebagai adware yang bandel (tidak tahu malu karena tidak mau di-uninstal) dan pernah menjalankan aksi memasang iklan RogueAntivirus (antivirus palsu). 

Beberapa varian Vundo yang lebih jahat memiliki aksi Ddos dan mirip aksi cryptolocker menyandera data komputer korbannya untuk mendapatkan tebusan.

Adapun daftar lengkap Adware yang terdeteksi oleh G Data Antivirus sampai pertengahan tahun 2014 adalah sebagai berikut:
1. Adware.NewNextMe
2. Adware.Dropper
3. Adware.Gen
4. Adware.Agent.NSJ, OBZ, ODR, NZG
5. Adware.Mplug
6. Adware.BHO.Bprotector
7. Adware.Swiftbrowse
8. Adware.Plankton
9. Adware.Plush
10. Adware.BHO.Agent
11. Adware.Bettersurf
12. Adware.Heur
13. Adware.PUQG
14. Adware.Softango
15. Adware.Graftor
16. Adware.Strictor
17. Adware.Hotbar
18. Android.Adware.Plankton

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-Istilah Dalam Sungai

Artikel Tentang Perangkat Keras Komputer

VISI DAN MISI DAKWAH NABI MUHAMMAD