Quick Count Malware Top Indonesia (3)

 
Gambar 1: Statistik Malware Indonesia sampai Juni 2014.

Mobogenie 8,4%

Mobogenie adalah produk piranti lunak dari negeri China yang dikeluarkan oleh Yang Fan Jing He Condulting Co (Beijing) dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial menggunakan program monetisasi seperti OpenCandy dan Conduit. 

Program ini sebenarnya ada manfaatnya seperti transfer gambar, video dandata lain antara komputer dengan smartphone anda. Namun karena lebih banyak mudaratnya maka oleh banyak vendor sekuriti Mobogenie ini dimasukkan sebagai golongan PUP Potentially Unwanted Program. 

Seperti kita lihat di atas, sekalipun sudah dimasukkan ke dalam blacklist dan di deteksi sebagai malware, pembuat mobogenie ini berjuang keras menjalankan aksinya dengan mengeluarkan varian-varian baru yang sulit dideteksi. 

Adapun varian Mobogenie yang terpantau oleh G Data di Indonesia adalah Mobogenie J, K, L, M, O dan R. 

Eksploit 6,07%

Setelah gerombolan Trojan, Adware dan Mobogenie. Ancaman malware yang datang bergerombol adalah eksploit. Eksploit ini sebenarnya bukan malware, melainkan aksi untuk memanfaatkan kelemahan piranti lunak yang timbul karena adanya celah keamanan yang ujung-ujungnya adalah menginstalkan malware pada komputer korbannya.
Ada 3 eksploit utama yang paling sering terdeteksi oleh G Data dengan eksploit protection sebagai berikut:
1. Eksploit.CVE-2010-2568
2. Eksploit.RTL-7Zip.gen
3. Eksploit.JS.2010-0188.B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-Istilah Dalam Sungai

Artikel Tentang Perangkat Keras Komputer

VISI DAN MISI DAKWAH NABI MUHAMMAD